Entrepreneursip Series : Memulai Usaha Adalah Intuisi, Menjalankan Usaha Adalah Kemampuan Manjemen

>> Friday 7 November 2008


Dalam kelas-kelas entrepreneur, sering saya mendengar istilah otak kiri dan otak kanan dikaitkan dengan keberanian kita memulai usaha. Dari penelitian tentang fungsi otak ternyata memang ada korelasinya.

Dalam proses membuka suatu usaha baru (apalagi baru pertama kali memulai), memang yang menjadi driver kita adalah intuisi, kreativitas, keberanian mengambil resiko dan lain-lain yang berkaitan dengan otak kanan. Tapi ini tidak berarti kita melepaskan diri dari faktor manajemen resiko terhadap usaha yang akan kita buat (fungsi otak kiri). Pada fase ini otak kanan menjadi driver dan bersifat relatif agak dominan terhadap otak kiri. Biasanya apabila kita membiarkan otak kiri kita relatif dominan terhadap otak kanan pada fase ini, biasanya yang terjadi adalah : bisnis gak jadi dibuka, karena hitungan gak masuk.....he3x

Dalam fase membuka usaha kita, kita harus meleverage intuisi, kreativitas dan mengkombinasikan semua disiplin ilmu yang kita kuasai untuk menyerap semua informasi yang yang ada di lapangan maupun yang ada di memori kita untuk men desain satu konsep bisnis yang unique dan marketable. Kalau bisnis model sudah ada, mulailah Anda buat hitung2annya, namun jangan terlalu detail karena bisa2 Anda terjebak angka2 yang akan membuat Anda mundur kembali. Disinilah kombinasi fungsi otak kiri dan otak kanan mulai bersinergi, namun otak kanan Anda adalah drivernya.

Selamat Anda telah membuka Usaha Anda....!!

Saatnya kemampuan manajerial yang menjadi driver Anda. Disini dibutuhkan skill teknikal mulai dari manajemen diri, manajemen SDM, manajemen keuangan, system development, marketing & business development dll yang kesemuanya bertujuan agar bisnis tersebut bisa berjalan tanpa Anda. Sebagai employpreneur, Anda harus membagi dua waktu Anda untuk karir profesional Anda sekaligus bisnis Anda, sehingga ketidakberadaan Anda dalam usaha Anda adalah suatu keharusan, gak bisa ditawar...

Memang pada saat awal2 bisnis berjalan, waktu & tenaga Anda akan tersita untuk memastikan bisnis ini bisa running. Namun batasilah waktu itu, segera bentuk tim solid Anda. Tugas Anda adalah membuat sistem dan kebijakan, memastikan itu semua berjalan dan selanjutnya RANDOM KONTROL.

Semua yang harus Anda kerjakan setelah bisnis berjalan adalah berkorelasi dengan fungsi otak kiri. Jadi dalam fase ini otak kiri adalah dirver Anda dan relatif lebih dominan dari otak kanan Anda. Walaupun tidak berarti otak kanan Anda berhenti bekerja, karena yang namanya mencari peluang2 usaha baru adalah a never ending process, sama persis seperti kita sedang bernafas.

Salam employpreneur..!!

0 comments:

Perjalanan Kehidupan

Mastermind TDA Jakarta Selatan

Pertemuan berikut di Mastermind TDA Jaksel akan diadakan pada tanggal 17 Desember 2008. Tempat pertemuan di Yayasan Agribisnis, Jl. Kalibaata Timur (Tempat P Asep)

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP