Entrepreneur Series : Disiplin lah Dengan Uang Anda

>> Friday 14 November 2008

Kalau Anda sudah mulai punya usaha dan usaha tersebut sudah mulai menghasilkan cash flow, maka itu adalah saat dimana Anda harus mulai hati-hati dengan diri Anda sendiri. Musuh yang paling besar adalah diri Anda sendiri. Biasanya jarang-jarang lihat uang cash banyak, tiba2 dari usaha Anda setiap hari mungkin Anda harus bawa pulang uang dengan kantong plastik misalnya, karena omzet usaha Anda yang fantastis. Kalau Anda tidak mampu disiplin, maka mimpi Anda untuk Pensiun Dini Pensiun Kaya tinggallah mimpi tanpa realitas.

Namun pada saat yang sama biasanya Anda juga mulai kebingungan bagaimana sih posisi keuangan dari usaha Anda. Apakah untung atau rugi.... Tiba-tiba Anda berada pada ruang yang gelap dengan cash di tangan Anda. Luar biasa bukan...??

Disinilah perlu kedisplinan diri yang tinggi untuk memilah-milah mana uang Anda pribadi dan mana uang perusahaan. Pisahkanlah keduanya secara tegas. Perusahaan Anda adalah organisasi sendiri dan diri Anda adalah organisasi sendiri. Transfer keuangan antar organisasi perlu justifikasi yang jelas bukan...?? Begitu pula antara Anda dan usaha Anda. Setiap sen uang yang Anda ambil dari usaha Anda harus mempunyai justifikasi yang jelas. Misalnya, kalau Anda mau ambil uang dari usaha Anda untuk keperluan pribadi Anda, sah-sah saja, tapi lakukan itu atas nama gaji Anda sebagai Direktur usaha Anda, bukan karena Anda owner dari usaha Anda yang bisa terabas sana terabas sini...

Jadi janganlah misalnya anda ambil uang dari usaha Anda untuk beli TV di rumah Anda. Akan lain ceritanya bila Anda ambil uang dari usaha Anda untuk investasi pembelian TV untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan Anda. Ini jauh lebih bertanggung jawab.

Banyak contoh-contoh lain tentang bagaimana mengelola keuangan usaha Anda. Tapi bottom line nya adalah : Disiplinlah dengan Uang Anda.

Semoga bermanfaat...

0 comments:

Perjalanan Kehidupan

Mastermind TDA Jakarta Selatan

Pertemuan berikut di Mastermind TDA Jaksel akan diadakan pada tanggal 17 Desember 2008. Tempat pertemuan di Yayasan Agribisnis, Jl. Kalibaata Timur (Tempat P Asep)

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP