Property Series : Ingin Bermain di Property..?? Perbanyak Bisnis Anda

>> Monday 1 December 2008

Main-main dengan property memang sangat menyenangkan, apalagi kalau kita dibantu dengan pembiayaan dari bank. Kenapa menyenangkan..?? Pasti Anda bingung, ngutang ke bank koq menyenangkan, orang harus bayar cicilan koq. Apalagi Anda yang alergi dengan hutang, pasti tulisan saya ini langsung gak mau dibaca.....

Pertanyaan berikutnya : Kenapa harus property..?? Salah satu jawabannya adalah karena begitu besarnya kenaikan harga property tiap tahunnya (lihat saja NJOP Anda pertahun, berapa persen rata-rata kenaikannya 10%, 15% atau malah 20%) sehingga sebetulnya tabungan dari property kita itu setiap tahun meningkat minimal sebesar prosentase kenaikan NJOP. Bisa dibayangkan khan, kalau harga property Anda Rp 500juta milsanya, maka kalau NJOP Anda naik 10%, maka minimal kenaikan property Anda Rp 50 Juta. Bisa juga diterjemahkan bahwa kenaikan saldo tabungan Anda di balik property Anda sekitar Rp 50 juta. Asyik khan main property...he3x.

Sebetulnya sangat sederhana rumusan agar Anda bisa bermain property dengan nyaman, aman dan berkah..he3x.
Jangan pernah langsung menyerang propertynya kalau Anda gak punya cukup amunisi, bisa-bisa kolaps keuangan Anda. Konsentrasikan diri Anda untuk memperbanyak bisnis Anda sehingga terjadi multiple source of income bagi Anda. Kalau free cash flow Anda meningkat maka otomatis plafond Anda di bank juga akan meningkat, dengan catatan Anda harus tertib adminsitrasi dan rekening di tempat Anda menyimpan uang Anda. Mutasi kredit Anda harus betul-betul dijaga.

Ambillah bisnis franchise yang sistemnya sudah matang sehingga gak perlu kita urus (percaya deh, ada koq franchise yang kayak gini, mungkin Anda kurang jeli atau kurang dapat update info) sehingga kita tidak perlu terjebak dan menghabiskan waktu untuk bisnis. Waktu kita berharga khan..., nah gunakanlah untuk yang memiliki nilai tambah terbesar... Konsentrasikan waktu kita untuk pengembangan usaha dan akuisisi property baru.

Kalo bisnis sudah running, free cash flow sudah terbentuk dan mutasi kredit di rekening Anda sudah seksi, nah saatnya maju ke bank untuk ambil kredit KPR. Sesuaikan antara kemampuan keuangan Anda dengan harga property yang akan diambil. Jangan nafsu besar tenaga kurang, bisa jadi Anda meminta pinjaman ke bank Rp 1 Milyar misalnya, yang disetujui hanya Rp 300 juta dari bank...

Ohya, jangan lupa minta tolong ke akuntan kenalan Anda untuk membuatkan laporan keuangan usaha Anda supaya aksesibilitas Anda ke bank lebih baik.

Pasti ada satu pertanyaan lagi : Siapa yang bayar cicilannya..?? Ya.... bisnis Anda yang sudah menciptakan free cash flow itulah yang akan membayar cicilannya, tugas Anda adalah "memiliki" property itu

Selamat berinvestasi di property......dan tambah terus bisnis Anda

0 comments:

Perjalanan Kehidupan

Mastermind TDA Jakarta Selatan

Pertemuan berikut di Mastermind TDA Jaksel akan diadakan pada tanggal 17 Desember 2008. Tempat pertemuan di Yayasan Agribisnis, Jl. Kalibaata Timur (Tempat P Asep)

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP