Employpreneur Series : Team Yang Solid Pada Usaha Anda

>> Saturday 25 October 2008

Sebagai employpreneur, tentunya waktu Anda akan sangat kurang dalam satu hari mengingat Anda selalu menjalankan dua peran sekaligus sebagai profesional dan entrepreneur atau istilah kerennya Employpreneur.
Agar semua bisa termanage, baik bisnis dan karir Anda, keberadaan team yang solid pada bisnis Anda adalah suatu keharusan. Anda harus mencari dan menempatkan orang-orang yang kompeten pada setiap proses bisnis usaha Anda sehingga usaha bisa berjalan lancar tanpa perlu kehadiran atau kontrol terus-menerus dari Anda.

Orang-orang yang diperlukan untuk membuat tim yang solid adalah orang dengan kapasitas miminal asisten manajer yang mempunyai karakter bertanggung jawab, proaktif, kreatif, problem solver. Memang agak sulit mencarinya, tetapi mereka ada di tengah-tengah masyarakat. Tinggal kesabaran dan strategi kita dalam mencari dan mendapatkan mereka.
Biasanya area operasional dapat langsung kita delegasikan pada tim kita ini. Namun jangan lupa, sistem harus dibuat dulu agar tim kita tidak bingung dalam menjalankan proses bisnis usaha kita.
Untuk area keuangan, manfaatkan software-software akuntansi yang ada di pasaran sebagai tools bagi kita untuk mengendalikan aspek keuangan dari usaha. Tidak perlu memiliki karyawan khusus untuk akuntntansi. Yang terpenting semua administrasi dan catatan keuangan lengkap. Selebihnya tinggal meng "hire" seorang akuntan untuk membantu kita membuatkan laporan keuangan usaha kita. Dan yang paling penting, akuntan sewaan ini harus bisa memberikan strategi perpajakan dan strategi penentuan pembiayaan yang paling optimal bagi kita sehingga ujung-ujungnya laba usaha dapat "diamankan" untuk perkembangan usaha tahun berikutnya.

Jadi lengkapi tim solid anda terdiri dari tim operasional, tim keuangan (finance, bukan akunting). Tugas Anda adalah menerima laporan, mengontrol dan membuat keputusan-keputusan besar bagi usaha Anda.

Dengan demikian... bisnis Anda melesat karir Anda melaju pesat

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Perjalanan Kehidupan

Mastermind TDA Jakarta Selatan

Pertemuan berikut di Mastermind TDA Jaksel akan diadakan pada tanggal 17 Desember 2008. Tempat pertemuan di Yayasan Agribisnis, Jl. Kalibaata Timur (Tempat P Asep)

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP