Enterpreneur Series : Liquiditas Ketat...Saat yang Tepat Untuk Meditasi

>> Saturday 11 October 2008

Kalau bank sudah mulai susah mengalirkan kredit property nya padahal property adalah salah satu aspek untuk meleverage usaha kita, menurut hemat saya kita perlu melakukan sedikit perubahan terhadap strategi pengembangan usaha sekaligus memperhitungkan momentum yang tepat untuk maju, mundur atau tetap di tempat. Kita perlu mengalokasikan waktu sedikit lebih banyak untuk lebih memperhatikan kondisi internal kita sendiri sambil terus pasang mata terhadap opportuntiy yang ada di luar.

Yang perlu kita prioritaskan adalah menjaga likuiditas dari usaha kita sambil terus memantau kesempatan apabila ada transaksi-transaksi bisnis yang hot deal. Seni memainkan cash flow usaha manjadi sangat penting karena teman kita yaitu "bank" sedang batuk-batuk sehingga agak sulit kita meminta petolongan mereka saat ini.
Saat ini juga saat yang tepat untuk mempertahankan profil keuangan kita agar tetap seksi di mata perbankan. Keberadaan fisik usaha dan profil rekening yang baik merupakan kunci untuk masuk kembali ke perbankan pada saat kondisi relatif lebih baik.

Logam mulia merupakan instrumen investasi yang saat ini diburu orang karena nilainya yang stabil. Coba anda lihat harga emas...sejak awal minggu lalu sudah merambat naik cepat sekali. Jadi pindahkan dana Anda ke logam mulia mulai sekarang.

Dari sumber internal Direktorat Jendral Pajak, Departemen Keuangan yang saya kenal, kondisi kacau ini bisa berlangsung samai 2 tahun, namun yang namanya usaha khan harus jalan terus. The show must go on. Sektor riil sekarang adalah ujung tombak pergerakan ekonomi.

Kreativitas kita sebagai entrepreneur sedang diuji untukbisa melewati jebakan-jebakan ini. Jadi kita perlu sedikit melakukan pengereman terhadap ekspansi usaha kita, sambil memanfaatkan waktu untuk bermeditasi untuk memperkuat internal infrastruktur usaha kita dan tentu saja tidak lupa untuk tetap melihat opportunity yang bisa muncul setiap saat di depan kita. Saya yakin pasti bisa...Insya Allah. Banyaklah berdoa dan bersedekah....

0 comments:

Perjalanan Kehidupan

Mastermind TDA Jakarta Selatan

Pertemuan berikut di Mastermind TDA Jaksel akan diadakan pada tanggal 17 Desember 2008. Tempat pertemuan di Yayasan Agribisnis, Jl. Kalibaata Timur (Tempat P Asep)

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP