Milikilah Mentor Bisnis Namun Hati-hati Dalam Memilih

>> Tuesday 13 January 2009

Kalau Anda ingin cepat pensiun, maka Anda wajib memiliki seorang mentor yang bisa membimbing Anda dalam mengembangkan usaha. Keberadaan mentor ini akan sangat mempersingkat waktu pembelajaran Anda serta mengurangi trial & error terhadap usaha Anda. Buat Anda yang masih menjadi employpreneur, efisiensi waktu dan menghindari sebisa mungkin kesalahan yang tidak perlu dibuat adalah salah satu kunci penting suksesnya usaha Anda. Karena Anda masih bekerja, maka waktu menjadi sangat berarti. Kalau tidak perlu melakukan kesalahan karena sudah ada contohnya, akan jauh lebih baik dan lebih murah buat Anda.
Pilihlah mentor yang memang memiliki pengalaman lapangan dalam mengembangkan bisnis, bukan orang yang memang profesinya sebagai pengajar bisnis. Ini sangat berbeda baik dari pendekatan, metodologi pembelajaran dan hasil yang diperoleh. Artinya pilihlah mentor yang memang benar-benar pebisnis, memiliki bisnis real (bukan hanya investor yang menaruh dananya pada suatu usaha franchise misalnya dan kemudian ybs mendapatkan uang bulanan dari inevstasinya itu). Jadi mentor yang Anda pilih itu haruslah yang pernah membuat suatu usaha baru dan mengembangkannya dengan segala jatuh bangunnya. Karena yang paling penting diambil dari seorang mentor itu bukan hanya kesuksesannya tetapi juga pengalamannya di lapangan, bagaimana jatuh bangunnya, bagaimana sikap mentalnya menghadapi kegagalan yang terjadi, apa tips & triknya yang kesemuanya akan memberikan gambaran kepada kita tentang how to manage your business.
Kalau Anda mau menjadikan seseorang sebagai mentor bisnis Anda, beberapa hal yang perlu Anda pelajari dari calon mentor Anda adalah sbb :
  1. Calon mentor tersebut harus punya bisnis sendiri yang dia kembangkan dari NOL menjadi besar (from nothing to something).
  2. Calon mentor Anda tersebut sebaiknya punya pengalaman dalam melakukan inevstasi-investasi keuangan dan komoditas, sehingga bisa memberi tahu kepada Anda portfolio yang bagus ROI nya dan kapan harus masuk dan keluar.
  3. Coba lihat values dari calon mentor Anda, apa nilai2 yang dia anut dalam mengembangkan bisnisnya (apakah dia berbisnis dengan jujur, dst dst)
  4. Bagaimana karakater dan mental map dari calon mentor Anda. Apakah dia termasuk orang yang bisa jadi panutan Anda dalam hidup atau hanya orang yang hanya sekedar membuat Anda kaya namun dengan cara yang tidak halal, misalnya. Banyak orang yang bisa mengajarkan Anda untuk jadi kaya secara instan, tapi biasanya caranya jauh dari kehalalan.
  5. Calon mentor ini sebaiknya memiliki akses ke sumber-sumber keuangan sehingga bisa membantu Anda dalam memberikan bantuan financing untuk usaha Anda
  6. Akan lebih baik kalau calon mentor Anda punya pengalaman dalam mem franchise kan bisnisnya sendiri sehingga exposure business development dalam bentuk franchising bisa Anda dapatkan juga.

Demikian beberapa point penting yang perlu Anda perhatikan saat mencari mentor usaha Anda. Selamat mencari, semoga Allah mendatangkan mentor yang terbaik bagi Anda. Jangan lupa LOA untuk bisa mendapatkan mentor terbaik Anda.

Salam employpreneur

0 comments:

Perjalanan Kehidupan

Mastermind TDA Jakarta Selatan

Pertemuan berikut di Mastermind TDA Jaksel akan diadakan pada tanggal 17 Desember 2008. Tempat pertemuan di Yayasan Agribisnis, Jl. Kalibaata Timur (Tempat P Asep)

  © Blogger template Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP